tips sukses membangun bisnis

Tips Sukses Membangun Bisnis (4)

Apakah Saudara sudah merasa cukup membaca tiga tulisan tentang tips sukses membangun bisnis sebelumnya? Berapa poin yang Saudara sudah mengerti dan lakukan dalam bisnis. Masih banyak hal penting yang perlu diketahui oleh pemilik bisnis.

Kita akan membahas langkah-langkah agar bisnis yang dijalankan selama ini semakin untung. Penjualan meningkat, biaya dan pengeluaran terjaga. Keuntungan bisnis pun bertambah sehingga memberi ruang bagi pemilik untuk ekspansi dan menikmati hasil bisnisnya.

Seorang pemilik bisnis perlu mempertahankan semangatnya. Visi, misi, dan target dalam usaha perlu dicamkan terus-menerus. Anggota tim akan semakin semangat ketika pendiri bisnis selalu membakar semangat dan mendorong semua untuk maju dan berprestasi. Memberikan yang terbaik sesuai bagian tanggung jawab masing masing.

Berikut ini akan disampaikan beberapa tips sukses untuk membangun bisnis dan bertumbuh semakin besar:

  1. Konsistensi
    Konsistensi merupakan suatu usaha yang dilakukan secara berkelanjutan dan berkesinambungan untuk memperoleh target dan bisa tiba pada tujuan akhir yang diharapkan. Pemilik bisnis perlu memiliki konsistensi untuk hal-hal internal dalam perusahaan maupun hal-hal eksternal.

Konsistensi ke dalam contohnya yaitu mempertahankan kualitas produk, kecepatan produksi, keramahtamahan karyawan dalam melayani tamu. Konsistensi ke luar dapat berupa layanan keluhan pelanggan, komunikasi dengan konsumen, hubungan dengan pemerintah dan masyarakat sekitar. Pengusaha perlu senantiasa memonitor operasiona dan aktivitas usahanya.

  1. Jangan menyerah
    Pemilik bisnis berusaha terus menerus menjual. Apapun tantangan, hambatan, termasuk kegagalan. Jangan pernah menyerah. Hampir semua pengusaha besar pernah gagal. Bisnis tidak selamanya indah.

Seperti saat ini, wabah covid 19 yang melambatkan perekonomian lokal sampai internasional. Pebisnis perlu beradaptasi akan suasana tidak menentu dalam perekonomian yang langsung tidak langsung mempengaruhi usaha nya. Tips sukses pebisnis adalah tetap berusaha dan berjualan dalam keadaan apapun.

  1. Layanan Pelanggan
    Bayangkan bila kita menjadi pembeli suatu produk yang berulang-ulang di satu toko atau tempat. Pada satu kejadian, saudara dikecewakan karena produk yang tidak sesuai. Kita mengeluh namun perusahaan atau penanggung jawab toko tidak meresponi keluhan kita.

Pemilik bisnis harus bersiap melayani pelanggan khususnya ketika mereka kecewa atau tidak puas akan pelayanan tim kita. Perusahaan perlu memberi kesan positif agar mereka menjadi pelanggan setia.

  1. Kembangkan pemasaran
    Pemasaran yang efektif adalah yang menumbuhkan penjualan produk. Maka pemilik bisnis perlu senantiasa mengembangkan metode dan variasi pemasaran.

Gunakan media periklanan gratis dan berbayar baik online maupun offline agar usaha kita semakin diketahui dan dikenal target konsumen.

  1. Efisiensi biaya
    Keuntungan perusahaan dapat bertambah bila dipenuhi dua syarat. Pertama adalah penjualan meningkat dan atau kedua biaya berkurang.

Maka pemilik bisnis juga perlu mencermati komponen biaya dalam perusahaan. Gunting biaya yang tidak perlu, potong pengeluaran yang berlebihan, dan gunakan sumber daya perusahaan dengan optimal.

  1. Hiduplah seimbang
    Pemilik bisnis perlu menjaga keseimbangan kehidupan pribadi. Baik dalam berusaha maupun kegiatan pribadi lainnya. Banyak pengusaha yang kehilangan Kesehatan fisik maupun jiwa karena terlalu memaksa dirinya dalam usaha.
hidup yang seimbang dengan memberi waktu-waktu untuk kehidupan pribadi

Ambil waktu dan hari tuk beristirahat lebih. Pergilah berlibur. Datanglah beribadah sesuai kepercayaan. Bercengkramalah dengan keluarga, sahabat. Perhatikan orang-orang yang kesusahan. Roh, jiwa, tubuh manusia perlu penyegaran.

Ini adalah tulisan keempat dan terakhir tentang tips sukses membangun bisnis. Kita telah belajar 23 (dua puluh tiga) hal tips yang diperlukan agar sukses dalam membangun bisnis.

Dalam setiap tingkatan usaha ada peluang, kesempatan, juga tantangan. Membangun bisnis berbeda dengan mempertahankan bisnis. Bila saudara sudah memiliki bisnis yang berjalan, pertahankan sekaligus kembangkan.

Ada pebisnis yang sibuk mengembangkan usahanya tetapi lupa mempertahankannya, dan akhirnya gagal atau menurun. Tulisan berikutnya, kita akan belajar tentang tips mempertahankan bisnis. Sukses Bersama kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *