Pebisnis perlu belajar untuk mempertahankan bisnis nya

Mempertahankan Bisnis

Pada umumnya, seseorang memulai bisnis berharap untuk berbisnis seterusnya. Oleh karena itu, pebisnis perlu memiliki strategi untuk mempertahankan bisnis. Memulai, membangun, dan mempertahankan bisnis merupakan suatu proses yang dikerjakan terus menerus.

Di setiap tahapan bisnis memiliki tantangannya sendiri. Ketika bisnis sudah mulai berjalan stabil, akan muncul tantangan atau godaan kepada pemilik. Bisa berasal dari internal, maupun eksternal. Ketika maju, ada godaan untuk memperbesar. Bilamana turun, ada keinginan untuk menutup atau berganti bidang usaha.

Pebisnis kuat selalu menjaga motivasi dirinya. Dia juga membangkitkan semangat anggota tim untuk terus melakukan tugas masing masing. Kemajuan perusahaan pasti akan dinikmati anggota juga. Ada bonus, fasilitas, insentif, dan lain lain. Bila terjadi kemunduran, semua nya pun akan menjadi korban.

Wabah corona yang terjadi saat ini membuat beberapa pemilik perusahaan dan juga karyawan menghadapi goncangan keuangan. Ada pemilik yang terpaksa menjual asset dengan murah agar bisa membayar hutang dan gaji karyawan. Beberapa karyawan ada yang di PHK, pemotongan gaji, tidak digaji, dan dirumahkan.

Beberapa pelajaran berharga dibawah ini dapat menjadi masukan dalam perjalanan pebisnis membangun usaha :

  1. Tidak dapat berjalan sendiri
    Ketika diawal berdiri, pebisnis mengerjakan semua bagian hampir sendiri. Mencari konsumen, membeli dan mengirim barang, mencatat keuangan, dan kegiatan lainnya.

Pebisnis harus tahu kapan waktunya untuk merekrut pegawai. Ketahui bagian yang anda hendak fokuskan. Cari pegawai yang kompeten untuk melengkapi perusahaan anda.

Sangat sulit mempertahankan bisnis dan mengembangkannya sendirian. Bagikan beban kerja dengan karyawan. Ada kalanya harus menggunakan mitra dan supplier untuk memenuhi kebutuhan perusahaan.

  1. Rekrut orang yang lebih pintar.
    Jack Ma mencoba menemukan orang yang lebih pintar dari dirinya. Dia menyadari dia tidak banyak tahu. Sehingga dia mencari orang orang yang lebih cerdas untuk membantunya dalam mengembangkan termasuk mempertahankan bisnisnya.
    https://economy.okezone.com/read/2019/03/08/320/2027575/kisah-miliarder-jack-ma-selalu-berburu-orang-pintar.

Salah satu tugas Pemimpin adalah mengorganisasikan. Pebisnis mengelola seluruh sumber daya dalam perusahaan untuk bekerja dan berfungsi optimal untuk mencapai target, visi, dan misi perusahaan.

Tidak perlu khawatir dan malu merekrut orang yang lebih pintar. Pebisnis tidak bisa dan tidak mungkin menguasai seluruh aspek. Dia bisa ahli dalam teknologi. Namun untuk menjalankan usaha, dia butuh tenaga yang mengerti manajemen dan keuangan juga.

  1. Bangun tim dengan orang orang hebat.
    Pebisnis membuat kualifikasi tenaga kerja yang dibutuhkan dalam perusahaan. Setelah itu, seleksi dari kandidat yang berminat. Pilih pegawai yang hebat yang pebisnis sukai dan akan ikut tumbuh dalam kemajuan perusahaan.

Pemilik bisnis harus membuang dan melepaskan orang-orang yang memperlambat atau menghambat kemajuan perusahaan. Karyawan yang menjadi parasite dan menjatuhkan harus dikeluarkan dari organisasi sebelum mereka memberi pengaruh negatif kepada anggota tim yang lain.
Pebisnis tidak bisa bekerja sendiri walau dia hebat. Dia perlu dikelilingi orang-orang yang hebat juga dan mau berkembang dan memajukan perusahaan.

  1. Kembangkan kapasitas diri untuk lebih baik
    Bisnis terus berkembang. Ada banyak peraturan dan regulasi baru yang mungkin berhubungan dengan bidang usaha yang dijalankan. Lingkungan usaha pun dinamis. Persaingan akan terus ada. Teknologi membuat informasi dan komunikasi lebih cepat.

Maka, pebisnis perlu mengembangkan kapasitas diri. Tidak boleh cepat puas. Kita boleh pintar saat ini, tapi besok akan ada orang yang lebih pintar.

Ada banyak buku pengembangan diri dan informasi tentang bisnis saudara dan lingkungan terkait. Hadiri seminar seminar bisnis dan pameran dagang yang ada. Ada inspirasi dan informasi yang dapat diperoleh. Relasi juga akan bertambah. Akan selalu ada hal-hal baru yang dapat dipelajari.

Mempertahankan bisnis salah satunya dengan pengembangan kapasitas diri melalui mengikuti seminar
Mengikuti seminar adalah salah satu cara mengembangkan diri untuk membangun dan mempertahankan bisnis

Bisnis yang kuat adalah yang dikelola dengan baik, dijalankan dengan sungguh sungguh, dirawat dan dipelihara agar bertahan dalam gelombang dan mengambil keuntungan dalam setiap kesempatan. Selamat menjalankan bisnis Saudara.

One thought on “Mempertahankan Bisnis”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *